Halaman

Rabu, 04 April 2012

Kategori Insomnia

Berikut merupakan Kategori yang mengalami Insomnia

1. Transient Insomnia

Insomnia ini terjadi akibat stress dan perubahan lingkungan akibat perjalanan jauh. Insomnia ini tidak perlu perlakuan khusus karena akan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

2. Short-term Insomnia

Insomnia ini terjadi pada umumnya selama 3 minggu atau kurang faktornya hampir sama dengan Transient Insomnia. Perubahan hormon pada wanita juga dapat menyebabkan terganggunya pola tidur. Hormon progesteron pada wanita adalah hormon yang membuat seseorang dapat tidur. Pada saat menstruasi dimana saat jumlah hormon ini menjadi berkurang seorang wanita dapat mengalami insomnia. kekurangan cahaya dalam ruangan ataupun terlalu terang merupakan salah satu sebab. Perubahan jadwal atau shift kerja orang-orang yang sering lembur serta pekerjaan yang menggunakan komputer sering dijumpai orang-orang yang terserang insomnia ini.

3. Chronic Insomnia

Insomnia ini terjadi ketika seseorang tidak dapat tidur. Sering terbangun waktu tidur atau masih terasa lelah setelah bangun tidur dan keadaan ini berlangsung lebih dari 2 malam setiap minggunya. Insomnia ini dibagi 2 jenis:

a. Primary Chronic Insomnia.
    Terjadi jika penyebabnya sama sekali bukan berasal dari masalah-masalah fisik maupun keadaan mental yang tidak seimbang yang menyebabkan gangguan tidur yang muncul begitu saja tanpa ada latar belakang suatu kondisi spesifuk biasanya pola tidur yang terganggu. Masalah-masalah stress, Lingkungan yang berisik, Cuaca exstrim, Perubahan lingkungan sekitar. Demikian juga kebiasaan atau tingkah laku dalam penyalahgunaan Obat, Alkohol, Kafein, Shif kerja, Stress kronis, bahkan kebiasaan tidur siang.

b. Secondary Chronic Insomnia.
    Terjadi karena gangguan pada fisik atau mental tertentu, konsisi fisik dan mental yang menyebabkan yaitu Depresi, Arthritis, Penyakit ginjal, Gagal jantung, Asma, Narcolepsy, Penyakit Parkinson, Kelebihan hormon thyroid atau Hyperthyroidism.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...